Ad Code

Responsive Advertisement

Popular

6/recent/ticker-posts

10 Cara Menguji Kesehatan Android


1. Memeriksa IMEI
IMEI (International Mobile Epuipment Identity) adalah kode angka 14 digit pada ponsel GSM yang di gunakan oleh operator GSM untuk mengidentifikasi validitas ponsel sehingga dapat dimanfaatkan untuk memblokir akses ke ponsel dalam sebuah kasus pencurian misalnya.
Ketika anda membeli ponsel, Anda harus memastikan IMEI yang tertera pada kemasan kardus sama dengan IMEI perangkat. Untuk mengecek IMEI, Anda cukup menekan kode *#06# pada dial up.


2. Instal Aplikasi Sensor Box

Sebagai Perangkat yang cerdas, ponsel android umumnya di bekali dengan beragam sensor dengan fungsi yang berbeda-beda.
Untuk mengetahui apakah seluruh sensor yang tertanam dalam ponsel tersebut berjalan dengan baik, Anda dapat menginstal aplikasi yang bernama " Android Sensor Box " dari google play. Setelah menjalankan aplikasi tersebut, anda dapat melakukan beberapa test sensor ringan sebagai berikut :


3. Accelerometer

Accelerometer adalah sensor yang berfungsi untuk mengidentifikasi ketepatan arah sebuah perangkat.
Untuk mengecek apakah sensor tersebut dapat berjalan dengan baik, anda cukup menggerak-gerakkan ponsel anda ke berbagai arah.
Jika bola pada layar tersebut mengikuti arah pergerakan ponsel maka dapat di pastikan bahwa accelerometer ponsel tersebut bekerja dengan baik.


4. Orientation Sensor

Hampir sama seperti Accelerometer, Orientation Sensor berfungsi untuk mengetahui orientasi ponsel baik dalam posisi portrait ataupun landscape.
Untuk mengetahui apakah sensor orientasi pada ponsel berjalan dengan sempurna, anda cukup mengubah posisi ponsel dari landscape ke portrait dan sebaliknya. Jika bola dalam aplikasi " Android Sensor Box " berubah posisi mengikuti perubahan orientasi ponsel berarti sensor orientasi dalam kondisi baik.


5. Proximity Sensor

Proximity Sensor adalah sensor yang bertugas mendeteksi keberadaan objek dalam jarak tertentu. Sensor ini berfungsi untuk menonaktifkan layar sentuh ketika anda anda menempelkan telinga ke ponsel saat ada panggilan masuk. Keberadaan sensor ini sangat penting agar ketika anda menempelkan telinga kala berbicara melalui telepon, layar tidak di sentuh sehingga mengaktifkan aplikasi atau fitur tertentu secara tidak sengaja.
Untuk mengetes fungsi sensor proximity anda cukup meletakkan tangan di depan earpiece ponsel. Jika bunga yang tampil dalam " Android Sensor Box " tersebut layu berarti sensor bekerja dengan baik.


6. Temperature Sensor
Sesuai namanya, Temperature Sensor ini berfungsi untuk mengetahui besar suhu ponsel. Dengan mengetahui besar kecilnya suhu, anda dapat mengantisipasi ponsel yang di timbulkan oleh suhu ponsel terlau panas.


7. Gyroscopo Sensor
GyroscopoSensor atau Gyro adalah sensor yang berfungsi untuk mengukur kecepatan sudut yang umumnya di perlukan dalam navigasi.
Untuk mengetahui apakah Gyro sensor ini dapat bekerja dengan baik, silahkan gerak-gerakkan ponsel anda dalam berbagai arah kubus dalam " Android Sensor Box " tersebut mengikuti gerakan yang anda lakukan.


8. Sound Sensor

Seperti namanya Sound Sensor adalah sensor bunyi yang berfingsi untuk mengukur intensitas bunyi yang di timbulkan di sekitar ponsel. Secara sederhana, sensor bunyi pada ponsel bertugas untuk mengukur tingkat kebisingan di lingkungan di sekitar anda untuk menentukan profil yang paling sesuai.
Contohnya adalah ketika anda berada dalam lingukngan yang bising, tentu ponsel anda dapat menaikkan volume ringtone secara otomatis. Nah, ketika anda memilih " Sound Sensor ", maka " Android Sensor Box " akan menampilkan sebuah pengukur desibel yang akan bergerak naik bila tingkat kebisingan mulai bertambah.


9. Magnetic Sensor

Magnetic Sensor ini, anda dapat mengukur intensitas medan megnetik yang dalam sistem metrik internasional ditentukan oleh satuan Tesla.
Ketika anda memilih " Magnetic Sensor " pada menu aplikasi " Android Sensor Box " maka anda akan mendapatkan nilai intensitas medan magnetic yang berada di sekitar anda dalam satuan mikro Tesla.


10. Pressure Sensor
Pressure Sensor atau dikenal disebut Tekanan Sensor dalam bahasa indonseia adalah sensor yang berfungsi untuk mengukur tingkat tekanan udara di sekitar kita.
Sensor ini bekerja bersama dengan sensor magnet yang biasanya di pakai untuk navigasi. Misalnya, Ketika anda bepergian untuk bertualang, Anda dapat menentukan arah dengan kompas serta mengetahui tekanan udara di daerah yang anda kunjungi.
Bersama dengan sensor Temperatur, sensor Tekanan juga bermanfaat untuk mendapatkan informasi cuaca.



Posting Komentar

2 Komentar

  1. Gan ane mau tanya.HH ane kok sensor proximity nya kaga fungsi ya setelah ane flash?? dan solusinya bagaimana?trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya gan emang agan flash apa ya??

      Trima kasih sudah berkunjung di blog saya. :)

      Hapus

Hai, Kalian yang sudah membaca jangan lupa tinggalkan komentar ya !
Karna komentar sobat sangat berarti bagi saya. ^_^
______________________________________________________________

Laporkan dan tulis komentar jika link download rusak